Nabi Muhammad saw ke Syam yang Kedua Kali


8. PERJALANAN MUHAMMAD KE NEGERI SYAM
(SYIRIA) YANG KEDUA KALINYA

Kisah Nabi Muhammad saw lengkap Bagian 8
 
                Perjalanan dan kepergian Muhammad ke Syam yang kedua kali ini tidak lagi bersama pamannya Abu Thalib untuk menjualkan barang-barang dagangan miliknya. Akan tetapi perjalanan yang kedua kalinya ke Syam ini membawa barang dagangan milik saudagar kaya raya/usahawati, seorang janda yang bernama SitI Khadijah.

                Khadijah memang seorang usahawati yang kaya raya pada saat itu, Ia memilih Muhammad untuk memperdagangkan barang-barang dagangan miliknya ke negeri Syam, karena Khadijah tahu bahwa Muhammad adalah seorang laki-laki yang dapat dipercaya, ia berkata jujur dan bersikap jujur. Dengan kejujurannya semenjak masa kanak-kanak itu ia mendapat gelar Al-Amin.


                Dalam perjalanan ke Syam yang kedua kali ini, Muhammad disertai oleh Maisarah, seorang laki-laki pesuruh Khadijah. Dua insan inilah (Muhammad dan Maisarah) yang memutarkan atau memperdagangkan barang-barang dagangan Siti Khadijah. Selama memperdagangkan dan mengantarkan barang dagangan Siti Khadijah, mereka berdua membawa keuntungan yang sangat besar, barang dagangannya cepat laku. Dan Maisarah (pesuruh Khadijah) sendiri berkata: Sejak kehadiran Muhammad daIam perjalanan ke Syam ini banyak berkah yang diperolehnya.

( Baca Juga : Nabi Muhammad Mengembala Kambing dan Pergi Menuju Syam )

                Dengan demikian Muhammad juga memperoleh upah yang banyak dari juragannya Siti Khadijah.
                Perjalanan dan pelayaran Muhammad ke negeri Syam membawa barang dagangan Siti Khadijah, ketika beliau berumur 25 tahun.

Sumber:
- Ust. Maftuh Ahnan Asy, 2001. Kisah Kehidupan Nabi Muhammad SAW. Yang Menerbitkan Terbit Terang: Surabaya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Nabi Muhammad saw ke Syam yang Kedua Kali"