Tokoh Quraisy dan Abdullah Ibnu Ummi Maktum Bertamu Kepada Nabi Muhammad SAW

24. TOKOH-TOKOH QURAISY DAN ABDULLAH IBNU UMMI MAKTUM
BERTAMU KEPADA NABI MUHAMMAD SAW

Tokoh Quraisy dan Abdullah Ibnu Ummi Maktum Bertamu Kepada Nabi Muhammad SAW

Ketika Rasulullah saw kedatangan tamu para tokoh Quraisy, dan sedang asyik-asyiknya berbincang dengan tamu kehormatannya, beliau sedang menawarkan dan menjabarkan ajaran Islam kepada mereka; maka datanglah Abdullah ibnu Ummi Maktum yang buta dan dia telah masuk Islam. Kedatangan Abdullah ibnu Ummi Maktum tidak diperhatikan, diabaikan oleh Rasulullah. Karena Rasulullah masih serius memberikan pelajaran kepada tokoh-tokoh Quraisy; sebab menurutnya dengan ajaran-ajaran yang diberikan oleh Rasulullah dapat memeluk Islam.

Kedatangan Abdullah ibnu Ummi Maktum yang minta diajarkan kepadanya apa-apa yang telah diajarkan oleh Allah kepada Muhammad, itu sama sekali tidak diperhatikan oleh Rasulullah, beliau bersikap acuh tak acuh kepada tamu yang bernama Ibnu Ummi Maktum itu. Maka turunlah firman Allah yang sekaligus sebagai teguran atas sikap Nabi saw kepada Abdullah ibnu Ummi Maktum:

“Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling, karena telah datang seorang buta (Abdullah Ibnu Ummi Maktum) kepadanya. Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa), atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, lalu Pengajaran itu memberi manfaat kepadanya? Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup, maka kamu melayaninya. Padahal tidak ada (celaan) atasmu kalau dia tidak membersihkan diri (beriman). Dan adapun orang yang datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan Pengajaran), sedang ia takut kepada (Allah), maka kamu mengabaikannya.” (QS. 'Abasa: 1-10).

Sejak terjadinya peristiwa itu, Rasulullah saw tidak pernah bermuka masam di hadapan orang-orang kafir. Dan apabila beliau berpapasan dengan Abdullah Ibnu Ummi Maktum, beliau mengatakan: "Selamat, hai orang di mana lantaran dia Allah menegurku." 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

4 Responses to "Tokoh Quraisy dan Abdullah Ibnu Ummi Maktum Bertamu Kepada Nabi Muhammad SAW"

  1. Bermanfaat gan postingannya.
    Jangan Lupa mampir yah.

    Jqkas6.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Cerintanya mengingatkan kepada guru saya

    ReplyDelete
  3. nice artikel gan , saling mengingatkan tentang para tokoh islam , mantapp ??

    ReplyDelete
  4. Sangat mambantu sekali untuk saya yg mmbtuhkan kisah nabi untk diajarkan kembali

    ReplyDelete