Kisah Nabi Luth Lengkap

NABI LUTH ALAIHISSALAM

Kisah Nabi Luth Lengkap

Adik-adik, Nabi Luth Alaihissalam adalah juga keponakan Nabi Ibrahim Alaihissalam. Beliau diutus oleh Allah untuk menyampaikan kebenaran kepada kaumnya di negeri Sodom. Kaum Nabi Luth saat itu hidup penuh bergelimang dosa. Perbuatan mereka sungguh terlaknat dan menjijikkan. Akhlak mereka menyalahi fitrah manusia. Bahkan manusia sebelum mereka tidak pernah melakukan perbuatan seperti yang mereka kerjakan. Orang-orang negeri Sodom kebanyakan menyukai hubungan sesame jenis. Lelaki sesama lelaki, perempuan sesama perempuan. Fitrah manusia itu mereka langgar dan Allah membenci serta melaknat perbuatan terkutuk itu.

Sesungguhnya Allah telah menciptakan semua manusia berpasangan tetapi bukan dengan yang sejenis. Manusia diciptakan Allah untuk hidup berkeluarga dengan berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Allah menghendaki manusia mempunyai keturunan karena itu termasuk amanah.

Orang-orang negeri Sodom ini mengingkari ajaran nabi. Agama Allah yang dibawa Nabi Luth Alaihissalam tidak mereka ikuti hingga membuat mereka semakin jauh dari kebenaran. Mereka mencari kepuasan atas nafsu mereka, bahkan dengan memaksa. Perampasan dan perampokan menjadi pemandangan biasa bagi kaum Nabi Luth Alaihissalam. Tidak hanya harta benda, barang-barang bahkan bila terdapat rampasan berupa pemuda dan pemudi pun masing-masing berebutan antara mereka. Yang pemuda diperebutkan laki-laki mereka, sedang yang perempuan diperebutkan perempuan mereka. Perbuatan mereka sungguh-sungguh hina.

Nabi LuthAlaihissalam sudah berusaha keras untuk menyadarkan orang-orang Negeri Sodom. Namun tak banyak yang beriman kepada ajaran yang disampaikan beliau. Nabi Luth kembali mengingatkan bahwa azab Allah akan menimpa jika mereka tidak segera bertobat.

Tapi orang-orang Negeri Sodom itu sudah tidak ingin melihat dan mendengar apa pun yang disampaikan Nabi Luth. Mereka lantas mengusir Nabi Luth dan pengikutnya. Bahkan mereka pun menantang dengan mengharapkan datangnya kemurkaan dari Allah. Nabi Luth Alaihissalam kemudian berdoa agar Allah menolong dan menyelamatkan beliau dan pengikutnya dari kaumnya yang berbuat kerusakan.

Allah kemudian mengutus tiga malaikat menemui Nabi Luth. Mereka menyamar menjadi pemuda yang gagah. Nabi Luth Alaihissalam menjadi tidak tenang dengan kehadiran tiga orang tamu yang tak dikenalnya itu. Beliau khawatir orang-orang Negeri Sodom akan menemuinya dan akan merampas para pemuda tersebut. Kekhawatiran Nabi Luth Alaihissalam terjadi. Kaumnya memaksa Nabi Luth menyerahkan pemuda-pemuda gagah itu. Nabi Luth tak dapat melawan. Semua keadaan itu hanya dipasrahkannya kepada Allah.

Nabi Luth menjadi tenang ketika 3 pemuda tersebut memberitahukan bahwa mereka adalah malaikat-malaikat utusan Allah. Setelah itu, malaikat menyampaikan perintah Allah kepada Nabi Luth. Beliau dan pengikutnya, kecuali istrinya, diminta pergi meninggalkan Negeri Sodom menjelang waktu subuh. Istri beliau ditinggalkan karena telah ikut-ikutan melakukan perbuatan seperti orang-orang Negeri Sodom.

Azab Allah menimpa negeri Sodom dan penduduknya yang tidak mau beriman. Angin yang membawa hujan batu membara menghujani tempat itu. Setiap orang terkutuk itu tak ada yang selamat, binasalah orang-orang Negeri Sodom. Sedang selain hujan batu, tempat itu diguncang gempa kuat hingga negeri itu terbalik. Azab Allah turun setelah tak lagi ada yang mau beriman dan mentaati Allah. Orang-orang Negeri Sodom ini adalah contoh buruk dalam kehidupan manusia.

Hikmah Kisah Nabi Luth Alaihissalam:
  1. Perbuatan kaum Negeri Sodom merupakan perbuatan sangat dibenci Allah.
  2. Hidup manusia fitrahnya berpasangan dan mempunyai keturunan, seperti Nabi Adam Alaihissalam dan Hawa.
  3. Istri Nabi Luth Alaihissalam termasuk contoh istri yang tidak mentaati Allah dan nabinya seperti juga istri Nabi Nuh Alaihissalam maka celakalah kesudahan bagi keduanya.

Kisah Nabi Luth Alaihissalam di dalam Mushaf al-Qur'an terdapat pada:
al-A'raaf: 80-84, al-Anbiyaa: 74-75, asy-Syu’ara: 160-175, Huud: 77-83, al-Hijr: 59-77, an-Naml: 54-58, al-Ankabut: 26-35, ash-Shafaat: 133-138, al-Qamar: 33-39, at-Tahrim: 10.

Sumber:
Hendro Trilaksono, 2014. Kisah 25 Nabi dan Khulafaur Rasyidin. Yang Menerbitkan Mutiara Media: Yogyakarta

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

4 Responses to "Kisah Nabi Luth Lengkap"

  1. tentang jodoh udah urusan Alloh..

    kaum luth ternyata bahasa sekarangnya LGBT ya min

    ReplyDelete
  2. zaman nabi saja sudah di beri contoh, jangan sampai murka Allah menimpa kita di jaman sekarang seperti zaman nabi luth as

    kunjungi kami disini Jasa Kirim Mobil

    ReplyDelete