Kaum Quraisy Minta Bukti Kerasulan Muhammad SAW

25. KAUM MUSYRIKIN QURAISY MINTA BUKTI
KERASULAN MUHAMMAD SAW

Bukti Kerasulan Muhammad saw

Lewat penganiayaan dan penyiksaan tidak membuat kendur dan pudar atas diri Muhammad dan para pengikutnya serta risalah yang dibawanya, maka kaum musyrikin Quraisy mengambil cara lain untuk melumpuhkan dakwah Islamiyah, yaitu: mereka meminta kepada Rasulullah tanda bukti/ayat yang dapat dilihat oleh mata kepala mereka. Tuntutan dan permintaan mereka itu ialah agar Muhammad dapat membelah bulan menjadi dua.

Setelah permintaan mereka itu dikabulkan dan disaksikan oleh mata kepala mereka, tidaklah menjadikan mereka itu beriman, malah mereka berkata: “Kita semuanya kena sihir oleh anaknya Abu Kabsyah (Muhammad).” Abu Kabsyah artinya “bapaknya domba”. Dulu Muhammad adalah seorang pengembala domba/kambing. Maka Allah menurunkan firman-Nya dalam surat Al-Qomar ayat 2 (yang artinya) :

“Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat sesuatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: Ini adalah sihir yang terus- menerus.”

Maksud dan tujuan kaum musyrikin meminta tanda bukti/ayat kepada Rasulullah itu adalah hanya karena kecongkakan dan keras kepala saja, dan sebagai ejekan serta kelemahan dakwahnya. Mereka pernah juga meminta dipanaskan sumber mata air dari bumi untuk mereka. Tapi oleh Allah permintaan itu tidak dikabulkan, melalui firman-Nya yang ditujukan kepada Nabi Muhammad:

“Katakanlah (hai, Muhammad), Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?” (QS. Al-Isra': 93).

Allah Maha mengetahui isi lubuk hati kaum musyrikin yang berupa fanatisme dank eras kepala serta kecongkakannya. Maka sekalipun didatangkan beberapa tanda bukti/ayat atas mereka terhadap Rasulullah saw, tidaklah membuahkan iman. Hal itu ditegaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an ayat 109: “Dan tahukah kamu sesungguhnya ayat-ayat itu apabila dating, mereka tidak akan beriman.”

Sumber:
Ust. Maftuh Ahnan Asy, 2001. Kisah Kehidupan Nabi Muhammad SAW. Yang Menerbitkan Terbit Terang: Surabaya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Kaum Quraisy Minta Bukti Kerasulan Muhammad SAW"