Kehidupan Bangsa Arab Sebelum Islam

15. POLA KEHIDUPAN BANGSA ARAB SEBELUM
ISLAM/SEBELUM MUHAMMAD DIANGKAT MENJADI
NABI/RASUL


                Perlu diketahui di sini bahwa pola hidup, adat kebiasaan bangsa Arab pada zaman jahiliyah/sebelum Islam datang (sebelum Muhammad berdakwah) di tengah-tengah umatnya adalah sebagai berikut:

  1. Mereka bangsa Arab terjerumus dalam keadaan orang-orang yang menyekutukan Allah (musyrikin), karena yang mereka sembah, yang mereka mintai pertolongan, yang mendatangkan keselamatan, yang menolak bencana adalah patung dan berhala-berhala. Mereka menganggap bahwa patung dan berhala-berhala itu suci.
  2. Mereka bangsa Arab sudah biasa membunuh anak laki-laki mereka sendiri, karena takut kemiskinan dan tidak bisa memberikan makan (kelaparan). Dan mereka juga membunuh hidup anak-anak perempuan mereka sendiri, karena takut malu dan celaan. Karena menurut anggapan mereka, bahwa seseorang yang mempunyai anak perempuan itu suatu aib dan cacat bagi kehidupannya.
  3. Dan lagi yang menjadi kebiasaan mereka (bangsa Arab) adalah suka berdebat, suka berselisih dan bertengkar. Perkara kecil saja bisa mengakibatkan peperangan antara golongan yang satu dengan golongan yang lain.
( Baca Juga : Perintah Berdakwah Dengan Cara Sembunyi-Sembunyi )

                Demikian sedikit dari kehidupan bangsa arab sebelum islam, begitu banyak bangsa arab yang menyekutukan Allah dengan menyembah berhalah-berhala hingga kemudian islam datang yang dapat merubah pola kehidupan bangsa Arab.

Sumber:
- Ust. Maftuh Ahnan Asy, 2001. Kisah Kehidupan Nabi Muhammad SAW. Yang Menerbitkan Terbit Terang: Surabaya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kehidupan Bangsa Arab Sebelum Islam"

Post a Comment