Kisah Nabi Sholeh Lengkap

NABI SHOLEH ALAIHISSALAM

Kisah Nabi Sholeh dan Kaum Tsamud Lengkap


Allah memerintahkan Nabi Sholeh Alaihissalam berdakwah kepada kaumnya yakni Kaum Tsamud. Nabi Sholeh Alaihissalam secara silsilah termasuk anak-anak dari jalur keturunan Tsamud, sedang Tsamud adalah anak-anak keturunan Syam. Jadi Nabi Sholeh Alaihissalam juga termasuk keturunan dan Nabi Nuh Alaihissalam.

            Kaum Tsamud termasuk kaum yang memperoleh kenikmatan yang melimpah. Kehidupan mereka penuh kesenangan. Mereka memiliki kebun-kebun dan mata air yang menyuburkan tanam-tanaman dan pohon-pohon kurma mereka. Mereka pun mampu mendirikan bangunan besar dan memahat gunung-gunung untuk dijadikan tempat tinggal. Semua kenikmatan itu mereka anggap seolah dapat membuat mereka hidup kekal selamanya bersama anak-anak mereka.

            Saat itu, kaum Tsamud dan pemuka-pemuka mereka masih mempertahankan cara-cara menyembah selain Allah. Nabi Sholeh Alaihissalam datang kepada mereka untuk menyampaikan ajaran tauhid yaitu menyembah hanya kepada Allah. Nabi Sholeh menyampaikan bahwa Allah adalah Tuhan yang sesungguhnya memberikan segala kenikmatan hidup selama ini.

            Pemuka-pemuka Kaum Tsamud menganggap Nabi Sholeh Alaihissalam tentu telah kena sihir sehingga mengucapkan hal-hal yang ngawur dan tidak berguna. Orang-orang Kaum Tsamud itu lantas menduga-duga, mungkin Nabi Sholeh menghendaki sebuah kedudukan atau jabatan sebagai imbalan dakwahnya. Nabi Sholeh Alaihissalam meluruskan segala sangkaan itu, semata-mata yang dilakukannya karena amanah yang diterima dari Allah.

            Adik-adik, orang-orang Kaum Tsamud ingin Nabi Sholeh Alaihissalam membuktikan kalau memang beliau adalah utusan Allah. Permintaan Kaum Tsamud dituruti oleh Nabi Sholeh Alaihissalam. Beliau memohon kepada Allah untuk mendatangkan mukjizat sebagai tanda kenabian beliau. Allah kemudian memberikan mukjizat berupa seekor unta betina yang muncul dari dalam sebuah batu besar. Nabi Sholeh Alaihissalam memperingatkan kepada kaumnya agar unta tersebut jangan diusik dan jangan diganggu, unta tersebut harus dibiarkan sebab bila ada yang melanggarnya maka kemurkaan Allah akan datang.

            Sejak adanya unta itu, bertambahlah orang yang bertakwa dan beriman kepada Allah. Hal ini membuat pemuka-pemuka Kaum Tsamud tidak senang. Walau bukti kebenaran Nabi Sholeh telah nyata,tetapi mereka tetap tidak mau beriman.

            Mereka kemudian berunding untuk melenyapkan unta tersebut. Adik-adik, orang-orang Kaum Tsamud yang berunding itu benar-benar telah tertutup mata hati mereka. Allah sudah tunjukkan kebenaran-Nya, mukjizat sudah sangat jelas nyata tapi keimanan tidak juga merasuki. Mereka kemudian mengutus orang untuk membunuh unta tersebut.

            Setelah unta tersebut terbunuh, para pemuka kaum Tsamud pun mendatangi Nabi Sholeh Alaihissalam. mereka mengatakan bahwa merekalah yang mendalangi pembunuhan unta tersebut. Mereka menantang Nabí Sholeh untuk menunjukkan azab yang diancamkan Allah. Nabi Sholeh Alaihissalam memperingat-kan janganlah menyia-nyiakan waktu tiga hari yang akan datang karena setelahnya azab Allah pasti akan turun.

            Ancaman itu kemudian menimpa Kaum Tsamud. setelah tiga hari, orang-orang durhaka itu diguncang gempa hebat, bumi mengamuk dan membuat semua porak-poranda. Orang-orang Kaum Tsamud itu tidak ada yang tersisa sama sekali. Petir yang menggelegar membinasakan semua orang-orang yang tidak mau beriman itu.

Hikmah Kisah Nabi Sholeh Alaihissalam :
  1. Segala kenikmatan datangnya dari Allah.
  2. Menyembah hanya kepada Allah Yang Maha Pencipta bukan yang kepada Tuhan yang lain.
  3. Mukjizat Allah diberikan kepada Nabí Sholeh Alaihissalam berupa seekor unta betina, dan itu adalah bukti kebenaran dari Allah yang sangat nyata.
  4. Azab pasti turun namun Kaum Tsamud mengingkari walau kebenaran telah nyata datang berupa mukjizat.


Kisah NabíSholeh Alaihissalam di dalam Mushaf al-Qur’an terdapat pada:
(Huud: 61-68), (al-A’raaf: 73-79), (al-lsraa’: 59), (asy-Syu’araa’: 141-159), (an-Naml:45-53), (adz-Dzaariyat: 43-45), (al-Qomar: 23-31), asy-Syams: 11-15).

Sumber :
Hendro Trilaksono, 2014. Kisah 25 Nabi dan Khulafaur Rasyidin. Yang Menerbitkan Mutiara Media: Yogyakarta

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

3 Responses to "Kisah Nabi Sholeh Lengkap"

  1. Get industry-recognized certificates by taking a ux design course online. Do ux designer in india and discover new skills in UI and UX design. With these classes, you can explore a wide tools like Figma, Xd, Sketch and Photoshop. Get Complete Knowledge on video editing course in hindito conduct practical projects to implement what you learn & create case studies for your portfolio.

    ReplyDelete